Mahasiswa Fakultas Dakwah Melek Ngeblog

 

GB)

Berdakwah on line (foto : GB)

KEDIRI- Mahasiswa Institut Agama Islam (IAIT) Tribakti Kediri Fakultas Dakwah jurusan Komunikasi Penyiaran Islam kini sudah benar-benar melek internet. Untuk kegiatan dakwah yang mereka lakukan sesuai jurusan yang mereka pilih mereka memilih menggunakan sistem dakwah on line melalui blog.

Jangan heran jika saat ini mahasiswa Fakultas Dakwah/KPI IAIT Tribakti Kediri berbeda dengan fakultas yang lain. Penerapan sistem belajar on line mulai diterapkan beberapa waktu yang lalu yakni via email, khususnya mata kuliah yang menyangkut jurnalistik.

 

 

Dengan blog ini, para mahasiswa atas bimbingan dosen pembimbing Imam Mubarok rata-rata mahasiswa semester VII, V dan III sudah memiliki email, dan khusus mahasiswa semester V sudah memiliki blog. Dengan blog yang mereka miliki para mahasiswa dapat mengekspresikan apa yang mereka mau, mulai menulis, berdakwah on line dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah saya senang bisa diberi pelajaran membuat blog dan melek internet, ini merupakan pengalaman baru saya. Saya bisa berdakwah kapan pun dan dapat dibaca oleh seantero umat manusia yang ada di dunia,” kata Ja’I Prayitno mahasiswa semester V Fakultas Dakwah/ KPI IAIT Tribakti Kediri.

Ja’i yang memiliki alamat web blog http://www.wayangdakwah.wordpress.com menyatakan akan mengembangkan dakwah dengan media cerita pewayangan. Sebab orang Jawa khususnya sangat lekat dengan dunia pewayanan,” Kita harus bisa membuat sesuatu yang lain,” tukasnya.

Blog merupakan singkatan dari web log.  Apa beda blog dengan website? Dari segi fungsi, blog dan website hampir sama yakni media informasi online. Yang membedakan adalah blog sifatnya lebih personal dan interaktif.

Tak diketahui secara pasti kapan blog pertama kali muncul. Cikal-bakal kemunculan blog diperkirakan tahun 1994. Hingga tahun 1998, jumlah blog di seluruh dunia belum seberapa. Baru ketika pada 1999 sebuah perusahaan bernama Pyra Lab meluncurkan layanan blogger.com, jumlah blog berkembang pesat. Pada akhirnya, blogger.com diakusisi oleh Google pada tahun 2006.

Di Indonesia, konon blog mulai dikenal tahun 2002, dan berkembang pesat sejak 2007. Bahkan, tahun itu, tepatnya tanggal 27 Oktober 2007 digelar even Pesta Blogger. Momen tersebut (27 Oktober 2007) oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh, secara resmi dinyatakan sebagai Hari Blogger Nasional.

Kini, jumlah blogger di Indonesia diperkirakan sudah  lebih dari 200 ribu. Tak hanya kalangan biasa, beberapa pejabat (dan mantan pejabat) pun memiliki hobi baru ngeblog. Di antaranya Yusril Ihzamahendra, Sarwono Kusumaatmaja, Joewono Soedarsono, dll. Belakangan, kalangan artis pun banyak yang ngeblog. Mulai dari Dian Sastro, Wulan Guritno, hingga Sandra Dewi. (***)

 

 

 

5 thoughts on “Mahasiswa Fakultas Dakwah Melek Ngeblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s