KELUARGA MINTA NAMA TAN MALAKA DIJADIKAN NAMA JALAN

Tan Malaka (ist)KEDIRI-RADAR- Keluarga pahlawan nasional Tan Malaka meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kediri untuk mengabadikan namannya sebagai salah satu nama jalan di Kabupaten Kediri, Jumat (25/7).

 

Hal ini disampaikan Zulfikar salah satu keluarga Tan Malaka saat mendampingi sejarawan Belanda Dr Harry A. Poeze yang yang juga Direktur KITLV Press (Institut Kerajaan Belanda Untuk Studi Karibia dan Asia Tenggara) untuk mengungkap lokasi makam Tan Malaka di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri.

 

“Oktober nanti kita memastikan akan melakukan pembongkaran lokasi makam Tan Malaka di Selopanggung. Oleh karena itu sebagai penghormatan dia, kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menjadikan nama jalan untuk mengenang Tan Malaka,” kata Zulfikar pada RADAR Surabaya.

Sementara itu menanggapi tuntutan keluarga Tan Malaka agar namanya diabadikan, Kepala Bagian Humas Pemkab Kediri Sigit Rahardjo menyatakan  belum bisa menerima usulan tersebut.

 

“Pada intinya kita oke-oke saja, namun kan tidak semudah itu. Sebab apakah sudah ada kepastian bahwa dia meninggal dan dikubur di Kediri, meski penelitian mengarahnya kesana. Apalagi kalau mendesaknya sekarang kan rencana pembongkaran masih pada Oktober mendatang,” kata Sigit pada RADAR Surabaya.

 

Ditambahkan Sigit, jika itu merupakan permintaan, selama ini Pemkab Kediri juga belum pernah menerima permintaan secara lesan atau tertulis dari keluarga Tan Malaka. Demikian juga dengan penelitian yang dilakukan sejarawan Belanda Dr Harry A. Poeze yang yang juga Direktur KITLV Press (Institut Kerajaan Belanda Untuk Studi Karibia dan Asia Tenggara).

 

“Sebenarnya kita menunggu, oleh karena itu jika nantinya ada kepastian dan juga pengakuan dari pemerintah pusat apa susahnya  menggunakan nama jalan Tan Malaka sebagai salah satu jalan di Kabupaten Kediri, setelah dibahas di tingkat dewan,” pungkasnya. (aro)

 

 

 

 

 

One thought on “KELUARGA MINTA NAMA TAN MALAKA DIJADIKAN NAMA JALAN

  1. saya mau bertanya tentang pak Tan Malaka ini: kenapa Tan Malaka itu gak dinyatakan sebagai pahlawan Indonesia… Menurut saya Bapak inilah Yang mewujukan kemerdekaan NKRI..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s