Bayi Kembar Siam Lahir di RSUD Gambiran Kediri

KEDIRI-RADAR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri pada Rabu petang (12/7) telah membantu persalinan bayi kembar siam (bagian dada dan perut dempet,red)  berjenis kelamin perempuan dengan operasi caesar dari rahim Anik (20) warga Kelurahan Manisrenggo Kecamatan Kota Kediri. Bayi kembar siam dengan berat 3,85 kilogram tersebut kini kondosinya kritis dan dirawat di ruang khusus.

Menurut dr Lily Diah Farida Sp A dokter yang menangani pihaknya belum mengetahui jika bayi dari anak pasangan Anik dan Syaiful Ansori (25) tersebut kembar siam ,” Yang kami kami tahu bahwa bayi tersebut kembar saja, dan tidak tahu  untuk kembar siam ,” katannya pada RADAR Surabaya , Kamis (12/7).

Untuk mengeluarkan dari rahim ibunya tim dokter yang menangani membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk melakukan operasi caesar,” Setelah keluar bayi langsung mendapat perawatan khusus. Untuk kelainan yang kita tahu ada omvalokel (kelainan benjolan di bagian tali pusar,red) dan itu sangat rawan karena hanya dilindungi kulit ari dan rawan infeksi. Dan untuk kelainan organ tubuh belum kita ketahui karena bayi masih kritis dan belum bisa kita lakukan rongsen tubuh,” tambahnya.

            Ditambahkan Lily sejak lahir hingga kemarin siang kedua bayi tersebut belum menangis,” Berdasarkan Abgar Score (alat ukur kondisi,red) kondisi bayi  pada astiksi berat yakni pada level 1-4, ini kategori kritis. Sebab untuk mencapai astiksi sedang abgar score nya harus berada pada level 5-7 dan baik pada level 8-9,” ujarnya.

            Karena kondisi yang kritis, menurut Lily pihaknya telah menghubungi RSUD dr Sutomo Surabaya untuk membantu penanganannya. Sebab RSUD Gambiran tidak memiliki peralatan yang lengkap seperti yang dimiliki RSUD dr Sutomo Surabaya,” Kita telah meminta bantuan, dan Insya Allah dalam waktu dekat akan segera datang ke Kediri ,” katannya.

            Sementara itu kedua orang tua bayi tidak mau dimintai komentar tentang kelahiran anak pertamannya tersebut. Bahkan dengan bantuan rayuan tim dokter kedua pasangan muda ini tetap menolak berkomentar ataupun diambil gambanya.

            Sebelumnya di RSUD Gambiran pada tahun 1 Juli 2005 juga mendapat pasien bayi kembar siam asal Tulungagung . Kedua bayi kembar siam anak pasangan Tutik Umiati (35) dan Nurdin (40) warga Serut Kecamatan Boyoalangu Tulungagung lahir dengan berat masing-masing 2,8 kilo gram. Keduanya berhasil dipisahkan setelah dilakukan operasi di RSUD dr Sutomo Surabaya.  (aro)  

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s