14 Warga Kabupaten Kediri Terserang Kaki Gajah

KEDIRI-RADAR- Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mencatat dari tahun 1998-2007, 14 warga Kabupaten Kediri antara umur 13-68 tahun terserang penyakit kaki gajah (filariasis) yang kumannya disebarkan nyamuk anopheles.

Ke-14 warga (7 perempuan dan 7 laki-laki,red) yang terkena kaki gajah dalam kategori  cronis disease rate (CDR) tersebut tersebar   di 10 Kecamatan di Kabupaten Kediri yang juga masuk daerah endemis penyebaran penyakit ini.Antara lain Kecamatan, Ringinrejo (1 orang), Kunjang (2 orang), Semen (1 orang), Banyakan (1 orang), Kepung (2 orang), Kras (1 orang), Kandangan (2 orang), Semen (1 orang), Purwoasri dan Papar masing-masing satu orang.

 Menurut dr Adi Laksono Kasubdin P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, penyakit kaki gajah menyerang penduduk Kabupaten Kediri adalah mereka yang tinggal di dekat hutan dan dataran tinggi dimana tempat tersebut merupakan bersarangnya nyamuk anopheles

“Nyamuk anopheles menggigit pasien dan membawa kuman filariasis yang kemudianmenyerang kelenjar otot kaki sehingga  kaki penderita sakit bahkan membesar / bengkak,” katanya pada wartawan, Jumat (29/6).

Ditambahkannya pihaknya meminta kepada masyarakat memiliki gejala kaki gajah, seperti sakit kelanjar otot kaki dan demam (lemas)segera memeriksakan ke Puskemas terdekat agar mendapat pengobatan.

“ Apabila, terlambat datang ke Puskemas dan kuman kaki gejah telah menyebar ke seluruh jaringan sel otot seluruh tubuh, maka akan menyulitkan pertologan pengobatannya,” jelasnya

Menurutnya saat ini Depkes kabupaten Kediri telah mengeluarkan program untuk menurunkan kasus kaki gajah, antara lain memberdayakan kemampuan Puskesmas dalam pemeriksaan mikroskopis kaki gajah dan pengobatan missal filariasis dan pengobatan microfilaria dalam darah.

Selain itu, peningkatan pemantauan (surveilans) untuk menemukan penderita kaki gajah akut dan kronis, serta penatalaksankan pengobatan agar penderita mampu merawat dirinya sendiri. (aro)  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s