Pasokan Listrik di Kediri Kritis

KEDIRI-RADAR- Berkurangnya pasokan listrik pada sistem jaringan Jawa-Madura-Bali, berdampak pada pasokan daya pada PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Kediri.  Akibatnya wilayah yang berada di APJ Kediri meliputi Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar ,Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Nganjuk, terpaksa dilakukan penurunan daya dalam batas normal.

“Akibat adanya pengurangan pasokan daya pada sistem Jawa-Madura-Bali, sehingga defisit mencapai 315 mega watt memang termasuk kritis,” kata Manajer PLN APJ Kediri, Yugoriatmo pada wartawan,  Rabu(27/6).Dijelaskannya pengaruh dari berkurangnya daya dalam sistem jaringan Jawa-Madura-Bali tidak bisa dipisah-pisahkan, kalau ada pengurangan pasti akan berpengaruh terhadap seluruh area. Sejak terjadi pengurangan pasokan daya, pihak PLN APJ Kediri sudah menempuh beberapa upaya agar pelayanan terhadap pelanggan tetap terjaga.

“Kita terus berupaya agar tidak terjadi pemadaman, diantaranya dengan sosialisasi penghematan pada pelanggan potensial dan penurunan daya dalam batas normal,” jelasnya.

Dicontohkanya, kalau dalam kondisi normal daya pelanggan 230 volt, kini diturunkan sedikit dalam batas normal menjadi 220 volt. Penurunan ini dipastikan tidak akan berpengaruh terhadap pelayanan terhadap pelanggan, namun tetap perlu ada upaya penghematan pada saat beban puncak sekitar pukul 17.00-22.00 . “Cukup dengan menghemat pemakaian 50-100 watt per pelanggan, akan sangat membantu dari total sekitar 736.000 pelanggan,” tandasnya.

Kondisi ini juga diperparah dengan adanya kehilangan daya, disebabkan adanya PJU liar dan pencurian listrik di wilayah APJ PLN Kediri. Dari total kekuatan daya APJ Kediri 1242 giga kwh, besarnya kehilangan mencapai 1 persen atau 1.242 kwh, akibat PJU liar di wilayah Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung dan Nganjuk.

Ditambahkannya, untuk 2007 mendatang setelah melakukan sosialisasi pihaknya menargetkan akan menertibkan sekitar 17.000 titik PJU liar lagi di wilayahnya. (aro)  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s