Pesisir Selatan Diguncang Gempa Minggu Dini Hari

BLITAR-RADAR- Gempa berkekuatan 4,5 menurut scala richter gegerkan warga pesisir selatan Kabupaten Blitar Minggu dini hari (24/6).Ratusan warga berhamburan keluar karena ketakutan sebab menduga akan terjadi gelombang tsunami .

Gempa yang terjadi kurang lebih 7 detik sekitar  pukul 04.09 berdasarkan data dari BMG Juanda Surabaya, berkekuatan 4,5 menurut scala richter yakni berada  84 km barat daya Malang dan kedalaman 33 km. Tentang adanya gempa tersebut dibenarkan Sutrisno (40) warga Desa Sumberboto Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, dia pertama kali merasakan adanya gempa sekitar pada pukul 04.10  sesaat setelah bangun tidur. ”Begitu bangun tidur, saya merasakan getaran yang cukup keras,” kata  Sutrisno, Minggu (24/6).

Meski hanya beberapa detik, Sutrisno yang panik langsung lari keluar rumah bersama beberapa anggota keluarganya untuk menghindari bahaya gampa. Kejadian tersebut membuat dia dan keluarganya khawatir terjadinya gelombang tsunami yang berasal dari pantai selatan di Desa Tambakrejo.

”Karena ada keluarga yang tinggal di pesisir pantai, saya langsung mengecek kondisi di Pantai Tambakrejo apakah terjadi gelombang tsunami atau tidak. Tindakan yang sama juga diikuti ratusan warga yang lain yang ada di sekitar pantai,” tambahnya.

Setelah melihat kondisi di Pantai Tambakrejo, ternyata hanya gempa biasa yang idak mengakibatkan gelombang Tsunami. Meski kondisi gelombang tetap normal. ”Setelah menunggu sekitar 30 menit tidak ada gempa lagi dan gelombang tetap normal, warga kembali ke rumahnya masing-masing. Tapi tetap kuatir , jika terjadi gempa susulan yang lebih besar,” tandasnya.

Getaran yang juga dirasakan warga di bagian utara Kabupaten Blitar, mereka menduga getaran dari aktivitas vulkanik Gunung Kelud, karena sesuai dengan siklus 15 tahunan meletusnya Gunung Kelud.

Sementara itu Camat Wonotirto, Tavip Wiyono ketika dihubungi pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan desa-desa di wilayahnya, hasilnya kondisi tetap aman dan tidak terjadi kerusakan apa pun. ”Warga yang merasakan gempa memang sempat lari keluar rumah, namun tidak ada kejadian susulan baik itu gelombang pasang mupun tsunami,” ungkap Tavip.

Pihak Bakesbanglinmas Kabupaten Blitar melalui Kasubid Perlengkapan Pengerahan dan Pengendalian, mengaku juga yang sudah melakukan pengecekan ke dua lokasi pantai, yakni Pantai Serang di Kecamatan Selopuro dan Pantai Tambakrejo Kecamatan Wonotirto dan hasilnya diketahui kondisinya normal. ”Kekuatan gempa hanya 4,5 scala richter, tidak berpotensi tsunami dan juga tidak ada kerusakan apapun” kata Widodo. (aro) 

One thought on “Pesisir Selatan Diguncang Gempa Minggu Dini Hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s