Jelang Dilantik, PKB Kabupaten Kediri Malah Dibekukan

KEDIRI-RADAR- Menjelang detik-detik pelantikan pengurus DPC PKB Kabupaten Kediri Periode 2007-2012  dirumah Sulaiman Lubis (Wakil Bupati Kediri,red)  yang terpilih menjadi Ketua Dewan Syuro di Desa Kapi Kunjang Jumat dini hari  (15/6) mendadak turun surat dari DPP PKB Pusat Nomor 2252/DPP-02/IV/A.I/VI/2007 tentang penetapan pengurus sementara/ caretaker.

Akibat turunya surat pembekuan pengurus tersebut, 40 pengurus harian yang sudah siap tampil dihadapan massa PKB dan NU se-Kabupaten Kediri akhirnya gigit jari karena gagal dilantik. Padahal sebelumnya pada 30 April lalu mereka telah mendapatkan SK Penetapan Pengurus dari DPP dengan nomor surat 2162/DPP-02/IV/A.I/IV/IV/2007.Untuk menutupi malu karena gagal dilantik mereka akhirnya tetap maju ke panggung namun agendannya adalah deklarasi.

           

Surat DPP PKB tentang pembekuan turun dan ditetapkan di Jakarta pada 14 Juni 2007 ditanda tangani oleh Ketua Dewan Syuro KH Abdurrahman Wahid dan Sekretaris H Muhyidin Arubusman dan Ketua Dewan Tanfidz H.A Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jendral Yenny Zannuba Wahid.

           

Dalam suratnnya Muhimin Iskandar menyatakan berdasarkan rapat gabungan yang digelar pada 24 Mei 2007 yang melibatkan Dewan Syuro dan Tanfidz menyatakan telah membahas berbagai kendala yang tejadi di DPC PKB Kabupaten Kediri.

           

“Diantaranya situasi yang tidak kondusif dan menghambat keberlangsungan dan eksistensi PKB di Kabupaten Kediri. Maka untuk efektifitas perlu diambil langkah-langkah yang konkrit, tegas, cepat terhadap permasalahan yang ada. Langkah konkrit itu adalah membentuk pengurus sementara/tim caretaker yang bertugas dan bertanggungjawab sebagaimana diamanatkan dalam AD dan ART PKB. Dalam tiga bulan mendatang sejak SK ini ditetapkan tim caretaker melakukan konsulidasi untuk selanjutnya menggelar Muscabsus,” kata Muhaimin Iskandar.

           

Dikonfirmasi terpisah KH Aziz Masyhuri Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jawa Timur yang hadir dalam acara di rumah Sulaiman Lubis  mengaku belum menerima surat keputusan penetapan pengurus sementara dari DPP PKB untuk DPC PKB Kabupaten Kediri.

           

“Terus terang hingga saat ini saya belum menerima surat tersebut, memang ada kabar terkait hal tersebut. Oleh karena itu pada rencana pelantikan yang digelar di rumah pak Sulaiman Lubis (Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kediri,red) akhirnya agendanya kita ganti dengan acara deklarasi pengurus. Sebab orang DPP juga tidak ada yang hadir,” kata Kiai Aziz pada RADAR Surabaya.

           

Seperti diberitakan sebelumnya “ruwetnya” kasus di DPC PKB karena ditemukan pengakuan dari Zawawi Ketua PAC Pagu yang mengaku mendapatkan uang sogokan dari kubu Muhaimin Hadi dan Sulaiman Lubis saat digelarnya Muscab PKB pada 13-15 Mei 2007 lalu. Pengakuan Zawawi tiap PAC mendapat uang Rp20  juta ditambah satu unit  sepeda motor.

Sementara saat ditemui usai sidang paripurna DPRD Kabupaten Kediri, Jumat pagi (15/6) Muhaimin Hadi menolak memberikan komentar mengenai pembekuan kepengurusannya tersebut.

Sedang Sulaiman Lubis menyatakan, pembatalan pelantikan DPC PKB Kabupaten Kediri itu, lantaran beberapa fungsionaris DPP PKB sedang ada acara yang lebih penting. (aro)

One thought on “Jelang Dilantik, PKB Kabupaten Kediri Malah Dibekukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s