Dimusnahkan Dapat Ganti Rugi

KEDIRI- Setelah sebelumnya ribuan unggas milik petani dimusnahkan di Kabupaten Kediri. Akhirnya dari puluhan peternak  25 orang diantaranya menerima uang kompensasi pemusnahan binatang ternak yang rentan tertular virus flu burung, Kamis (14/6). Kepala Dinas Kehewanan Kabupaten Kediri, Ketut Widanan, mengemukakan, masing-masing peternak mendapatkan uang kompensasi sebesar Rp2,5 juta.  “Meskipun sebenarnya hewan yang dimusnahkan oleh masing-masing peternak jumlahnya banyak, tapi yang mendapatkan jatah kompensasi hanya 500 ekor dan setiap ekor dihargai Rp5.000,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia meminta kesadaran para peternak untuk tidak menuntut lebih lantaran kemampuan pemerintah dalam memberikan dana kompensasi sangat terbatas.

Sebanyak 25 peternak yang mendapatkan uang kompensasi pemusnahan itu, antara lain peternak di Kecamatan Papar sebanyak 10 orang peternak, Kecamatan Plemahan (lima peternak), Kecamatan Semen (lima peternak), dan Kecamatan Grogol (satu peternak).

Sementara itu, selama periode April-Mei 2007 sedikitnya 12 ribu ekor unggas di empat kecamatan tersebut telah dimusnahkan, karena rentan tertular virus mematikan yang juga menyerang pada manusia itu.(aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s