Kota Kediri Urutan Ketiga Jatim Jumlah Penderita HIV/AIDS

KEDIRI-RADAR- Penyebaran virus mematikan HIV/AIDS telah menjadikan Kota Kediri sebagai urutan ketiga Jatim setelah Surabaya dan
Malang. Hal ini dibuktikan keterangan Drs HM Zaini Ketua data Badan Penanggulangan  Napza dan AIDS) Kota Kediri yakni menyebutkan dari  23 penderita tiga diantaranya meninggal dunia.

Keterangan Ziani tersebut disampaikan dalam sambutanya di malam perenungan AIDS Nusantara 2007 pada Rabu (29/5) sekitar pukul 23.00 di halaman Kelurahan Semampir Kota Kediri yang kurang lebih dihadiri oleh 1000 orang peserta dari berbagai elemen aktivis HIV/AIDS.“ Angka ini telah mengkuatirkan, oleh karena itu harus ditekan agar penyeberannya tidak terus terjadi,” kata Zaini.

Menurutnya upaya pengurangan dampak buruk tersebut HIV/AIDS dapat dilakukan jika memperhatikan  12 komponen. Antara lan penjangkauan dan pendampingan, Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE). Penilaian pengurangan resiko, konseling dan testing sukarela (VCT), program penyucihamaan. Program penggunaan jarum suntik steril (PJSS), Pemusnahan peralatan seluruh bekas pakai , Layanan terapi ketergantungan NAPZA, Pusat layanan subtitusi oral, Layanan perawatan, didukung dengan pengobatan (CST), Pelayanan kesehatan dasar dan Pendidikan sebaya.Data Dinas Kehatan Kota Kediri mulai tahun 2002-2007 dari 23  Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) Kota Kediri perincianya sebagai berikut. Tahun 2002 satu orang, 2003 dua orang, satu diantaranya meninggal dunia, 2004 dua orang satu meninggal, tahun 2005,  7 orang , tahun 2006, 6 orang dan tahun 2007, lima orang dengan 1 meninggal.Selain melakukan malam perenungan dengan tema “ Membuka Jalan Menuju Dunia Tanpa AIDS”. Walikota Kediri Drs HA Maschut juga meresmikan klinik IMS-VCT Serojo di dekat Balai Kelurahan Semampir Jl Mayor Bismo Kota Kediri. Klinik ini dibangun dengan dana APBD Pemkot Kediri dengan standart internasional khusus untuk merawat penderita HIV/AIDS. (aro)  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s