Kaburkan Tentang Sejarah PKI, Ratusan Buku Disita

Ratusan Buku Sejarah Disita Dinas Pendidikan
* Dianggap Mengaburkan Sejarah Tentang PKI Dalam Pembrontakan Indonesia

KEDIRI-RADAR- Dianggap mengaburkan peran Partai Komunis Indonesia (PKI) sedikitnya 627 buah buku sejarah untuk siswa SMP dan SMA di Kabupaten Kediri disita, Senin (28/5). Buku-buku kurikulum tahun 2004 tersebut diterbitkan oleh berbagai penerbitan antara lain Erlangga, Yudhistira, dan Sarana Bina Karya
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, M Kardiyono, mengatakan ratusan buku sejarah Kurikulum 2004 itu diperoleh dari 10 SMP dan dua SMA. “Razia ini sebagai tindak lanjut dari surat perintah Kejaksaan Negeri Kediri mengenai pengamanan buku sejarah yang mengaburkan sejarah PKI,” ujarnya.
Menurutnya dalam surat Kejari Kediri nomor R91/0.5.13/DSP.1/04/2007 tertanggal 17 April 2007 itu disebutkan ada 23 buku sejarah dari berbagai penerbit yang mengaburkan fakta sejarah tentang keterlibatan PKI dalam dua kali pemberontakan di Indonesia, yakni pada 1949 dan 1965.
“Untuk selanjutnya buku-buku ini akan kami musnahkan setelah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan,” kata Kardiyono.
Ia memperkirakan, buku-buku pendidikan sejarah kurikulum 2004 masih banyak yang beredar di sekolah-sekolahan. “Oleh sebab itu, kami masih akan melakukan razia di sejumlah sekolahan yang ada di Kabupaten Kediri ini,” pungkasnya. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s