Sapi Perah di Kediri Lagi Marah..

Produksi Susu Sapi di Kediri Alami Penurunan Hingga 40 Persen

KEDIRI-RADAR- Ratusan peternak sapi perah di wilayah Kabupaten Kediri mengalami masa paceklik karena ribuan sapi mengalami masa kering, akibatnya produksi susu mengalami penurunan hingga 40 persen.
Kasubdin Peternakan Kabupaten Kediri Sri Suparni mengaku di Kabupaten Kediri sedikitnya 6.531 ekor sapi di Kediri tak lagi produktif ” banyak sapi betina yang mengalami masa kering alias tidak produktif. Akibatnya, susu yang dikeluarkan jika tidak terlalu banyak,” jelas Sri kepada RADAR Surabaya di Pemkab Kediri, Jumat (11/5).
Ia menjelaskan, jika biasanya ribuan ekor sapi tersebut mampu menghasilkan paling sedikit 600 ton per hari, kini jumlah produksinya tidak lebih dari 470 ton per hari. Itupun dengan kualitas susu yang kurang maksimal.
“Kondisi masa kering ini tidak dipengaruhi oleh penyakit atau kadar makanan yang dikonsumsi sapi. Hal ini menurutnya sangat alamiah dan bisa terjadi juga pada manusia. Ada ibu hamil yang ASI-nya lancar, ada juga yang tidak. Hal inilah yang terjadi pada sapi kita saat ini,” tambah Sri
Dari jumlah produksi 470 ton sapi per hari, kebutuhan konsumsi yang harus dipernuhi para peternak mengalami penurunan 40 persen dari biasanya. Setiap harinya, para peternak itu menyetorkan susu perahan mereka kepada Koperasi Perah Unit Bersama (KPUB) di Kecamatan Kandangan.
Koperasi tersebut memiliki ribuan anggota yang terdiri dari para peternak sapi perah di Kabupaten Kediri, Nganjuk dan Jombang. Setiap harinya mereka menyuplai kebutuhan susu kepada perusahaan besar seperti Nestle, Sari Husada, dan PT Vitindo. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s