11 Kecamatan Endemis Flu Burung

11 Kecamatan di Kediri Endemis Flu Burung

KEDIRI-RADAR Dalam beberapa pekan terakhir di 11 kecamatan di Kabupaten Kediri sedikitnya 8.002 unggas mati mendadak. Setelah dilakukan penelitian oleh Dinas Kehewanan ke-11 kecamatan tersebut dipastikan menjadi kawasan endemis penyakit flu burung.
11 kecamatan kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Semen, Pagu, Gampengrejo, Pare, Kayen Kidul, Ngancar, Plemahan, Papar, Wates, Plosoklaten, dan Banyakan.
Kepala Dinas Kehewanan, Ketut Widanan melalui Kabag Humas Pemkab Kediri, Sigit Raharjo menjelaskan, kasus flu burung ini memang terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Bahkan pihaknya mencatat tingkat kematian unggas terbesar terjadi pada Bulan April ini.
“Tren kematian unggas karena flu burung ini memang terus meningkat. Apalagi pada bulan April kasusnya cukup mencolok,” ungkap Sigit kepada di Pemkab Kediri, Senin (30/4).
Menurutnya, saat ini terdapat kurang lebih 84 peternak di 25 desa yang tengah waspada menghadapi serangan flu burung. Dari jumlah populasi sebanyak 22.303 ekor, terjadi kasus kematian sebanyak 8.002 ekor.
“Karena itu Pemkab Kediri sudah melakukan tindakan pencegahan melalui pembakaran dan penguburan bangkai ayam. Selain itu, sejumlah tempat yang dianggap rawan juga dilakukan penyemprotan desinfektan,” tambahnya. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s