285 Siswa SMP Tidak Lulus UNAS

285 Siswa SMP di Kabupaten Kediri Tidak Lulus UNAS

KEDIRI-RADAR – Akibat tanpa keterangan jelas dan tidak mengikuti UNAS, sedikitnya 285 siswa SMP di Kabupaten Kediri, dipastikan tidak lulus sekolah.
Keterangan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Kardiyono, Selasa (24/4).
Menurut Kardiyono dari 19.041 siswa kelas III SMP dan MTs baik negeri maupun swasta yang absen pada hari pertama Unas sebanyak 285 orang. “Dari jumlah yang absen ini, hanya empat yang memberikan keterangan. Sedang 285 lainnya tanpa keterangan, sehingga mereka ini dipastikan tidak lulus,” ujarnya.
Menurut dia, 285 siswa itu mengundurkan diri (Drop Out/DO) dengan berbagai macam alasan, mulai dari bekerja, menikah, hingga tidak mampu melanjutkan sekolah, karena masalah ekonomi.
Dari 285 siswa yang DO sebelum pelaksanaan Unas, terbanyak berasal dari SMP Negeri 1 Mojo mencapai 58 orang dan SMP Negeri 1 Kandangan sebanyak 50 orang.
Para siswa kedua SMP itu tidak bisa melanjutkan sekolah, lantaran kesulitan transportasi dari rumah menuju sekolahan. Tempat tinggal siswa kedua SMP itu, berada di kawasan perbukitan yang seringkali dilanda bencana tanah longsor yang menyebabkan jalur transportasi lumpuh.Secara umum, pelaksanaan Unas di Kabupaten Kediri berlangsung aman dan lancar dengan pengawasan intensif dari Tim Pemantau Independen. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s