Peringati Hari Bumi

Kader IPNU Gelar Aksi Damai Peringati Hari Bumi

KEDIRI-RADAR- Seperti biasanya, setiap 22 April masyarakat dunia memperingati Hari Bumi. Tidak terkecuali masayarakat di Indonesia, salah satunya Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kota Kediri yang pada Senin (23/4) melakukan peringatan Hari Bumi di depan alun alun Kota Kediri.
Peringatan Hari Bumi kali ini tetap didominasi oleh berita buruk kerusakan demi kerusakan yang terjadi di permukaan bumi. Perubahan iklim terus berlangsung sebagai akibat masih dipergunakannya bahan bakar fosil dan rusaknya hutan tropis dunia.
Tak pelak lagi, perubahan iklim ini menyebabkan berbagai bencana lingkungan hidup mulai dari naiknya permukaan laut terhadap daratan sampai dengan perubahan cuaca ekstrem.
“ Di Indonesia, seperti peringatan Hari Bumi sebelumnya, neraca lingkungan hidup masih menunjukan pada panah defisit. Tutupan hutan, misalnya, semakin berkurang. Pencemaran terjadi dimana-mana, di sungai, di laut dan di danau. Kualitas udara semakin buruk akibat polusi asap kendaraan dan cerobong asap industri,” Agus Muslim koordinator aksi pada RADAR Surabaya, Senin (23/4)
Ditambahkan Agus, akibat dari itu semua adalah gangguan kesehatan menimpa masyarakat tak terelakan lagi. Gundulnya hutan, misalnya lagi, telah menyebabkan banjir, kekeringan, dan kebakaran hutan.
” Alih-alih mencegah agar keruskan tidak terjadi lebih parah lagi, malah kita terus menyaksikan aktivitas merusak di lakukan oleh manusia seperti pembalakan liar dan pembuangan limbah ke laut. Pertanyaanya, mengapa kerusakan bumi bisa terjadi terus menerus?,” Sindir Agus.
Aksi yang diikuti kurang lebih 20 orang dan dikawal beberapa anggota polisi tersebut juga diselingi penanaman sebatang pohon di alun alun Kota Kediri sebagai bentuk kepedulian IPNU terhadap lingkungan. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s