Persik Terancam Dibubarkan !

Kalau Memang Tidak Ada Dana Persik Akan Dibubarkan
*Pemkot Akan Bentuk Dinas Pemuda dan Olah Raga

KEDIRI- RADAR- Wacana Departemen Dalam Negeri terkait bantuan keuangan, termasuk untuk klub sepak bola, yang ada dalam APBD dianggap tidak jelas aturan dan penyalurannya dan harus segera dihentikan seiring dikeluarkannya peraturan pedoman pengelolaan keuangan daerah, berujung digelarnya rapat di rumah dinas Walikota Kediri Drs HA Maschut yang juga Ketua Umum Persik Kediri, Rabu malam (24/1).
Dimana salah satu hasil rapat tersebut ada sinyal tim kesebelasan Persik Kediri akan dibubarkan, meski itu langkah paling akhir jika benar-benar pendanaan olah raga khususnya sepak bola tidak bisa lagi dibiayai melalui APBD.
Langkah pertama yang akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Pemkot Kediri khususnya mengantisipasi pemberlakuan peraturan tersebut yang akan berlaku pada 2008 Pemkot Kediri akan membentuk Dinas Pemuda dan Olah Raga yang memang ada aturannya dalam Permendagri 13/2006. Dimana diharapkan dengan begitu dana untuk Persik tetap bisa dicairkan, meski itu masih menyisakan tanda Tanya besar.
Drs Suprapto Kepala Bagian Keuangan juru bicara rapat di rumah dinas Wali Kota Maschut menjelaskan masalah tersebut memang menjadi pembahasan dalam rapat disamping juga persiapan pembukaan Ligina XIII/2007 yang rencananya akan dibuka di Stadion Brawijaya pada 3 Pebruari mendatang.
“Yang jelas dengan munculnya wacana itu kita telah mengantisipasi dengan akan membentuk Dinas Pemuda dan Olah Raga yang nantinya akan menangani dan bertanggungjawab langsung pada Persik,” kata Prapto pada RADAR Surabaya.
Ditambahkanya bahwa mulai tahun 2007 sesuai aturan yang berlaku anggaran Persik diambilkan dari dana APBD khususnya anggaran subsidi. Dimana sebenarnya subsidi itu pada prakteknya diberikan kepada masyarakat/supporter bola,” Buktinya apa karcis sebenarnya harganya Rp50 ribu, namun karena disubsidi maka tinggal Rp10 ribu,” tambahnya.
Namun Prapto tidak bisa menjelaskan terkait pertanggungjawaban dana subsidi untuk penonton dari karcis, khususnya alokasi anggaran yang disetujui DPRD pada APBD 2007 senilai Rp15 juta dari total Rp20 juta yang diajukan,” Ya pokoknya itu subsidi, meski ada sebagian yang untuk membeli pemain,” tukasnya.
Lalu bagaimana jika Dinas Pemuda dan Olah Raga dibentuk namun Depdagri tetap tidak memperbolehkan memberikan bantuan pada klub secara terus menerus,” Ya kalau memang seperti itu lebih baik Persik dibubarkan saja, sebab darimana lagi untuk penyelenggaraan kegiatan olah raga tanpa dana dari APBD sebab hampir 90 persen tim-tim yang ada juga menggunakan APBD , apalagi PSSI tidak memperbolehkan tim-tim mencari sponsor,” ujarnya.
Menurut Prapto pemerintah harusnya juga segera merevisi UU 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dimana jelas diatur dalam Undang-Undang bahwa untuk pendanaan keolahragaan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat,” Jangan kemudian membuat aturan tetapi UU tersebut tidak direvisi ini kan rancu,” ungkapnya.
Sementara Ahmad Tsalis anggota Komisi C DPRD Kota Kediri meminta agar segera dilakukan audit terhadap Persik Kediri. Sebab selama ini dinilai pengelolaan keuangan Persik Kediri kurang trasparan,” Saya sangat setuju dengan usulan Depdagri, namun jangan kemudian tidak dilakukan audit jika memang peraturan itu akan diterapkan,” katanya.
Seperti diberitakan sebelumnya Direktur Jenderal Bina Administrasi Keuangan Daerah Departemen Dalam Negeri Daeng Muhammad Nazier menjelaskan bantuan keuangan, termasuk untuk klub sepak bola, yang ada dalam APBD dianggap tidak jelas aturan dan penyalurannya hingga perintah untuk segera dihentikan seiring dikeluarkannya peraturan pedoman pengelolaan keuangan daerah. Pemberlakuan itu rencanannya akan mulai diterapkan pada 2008 mendatang, dan untuk tahun 2007 masih diberikan toleransi.
Meski itu akan menjadi masalah bagi kelanjutan Persik namun manager Persik Kediri Iwan Budianto yakin Persik akan tetap bisa berlanjut. salah satu buktinya tanggal 1 Pebruari nanti Persik akan menandatangani kontrak dengan salah satu sponsor untuk klub sepakbola kebanggaan Kediri iu
Selain itu pada 2008 nanti PSSI dipastikan akan dapat sponsor asing dan mempersilahkan seluruh perserikatan yang ada untuk kerjasama dengan pihak-pihak lain khususnya untuk pendanaan melalui sponsor,” Insya Allah pada 2008 nanti akan ada jalan keluar” pungkasnya. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s