Polisi Peras Pengusaha

Peras Pengusaha Rokok Ilegal Rp 5 juta, Kapolsek Tarokan Disidang

KEDIRI-RADAR AKP Soedarsono Kapolsek Tarokan Kabupaten Kediri, Kamis (11/1) disidang  dalam  kasus pemerasan terhadap pengusaha rokok illegal sebesar Rp 5 juta.

Didampingi penasehat hukum kepolisian, Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Kediri, Kompol Imam Riyadi, AKP Sudarsono  mendengarkan tuntutan yang dibacakan oleh Iptu Hari Suwarno selaku  penuntut umum dari Polres Kediri.

Dalam tuntutannya, Hari Suwarno menjelaskan bahwa kasus tersebut bermula dari SMS yang masuk ke HP Kapolres Kediri, AKBP Aries Wahyu Soetiko tiga minggu lalu. Pesan  yang disampaikan seorang pengusaha rokok ilegal di Kabupaten Kediri tersebut  menjelaskan jika dirinya telah dimintai uang oleh terdakwa sebesar Rp 5 juta, dengan imbalan tidak akan diproses secara hukum.

Pasalnya, korban  terpergok membuat dan menjual rokok yang tidak dilengkapi dengan cukai. Atas dasar itulah, Kapolres memerintahkan petugas Penanganan Profesi  Penegakkan Disiplin (P3D) untuk menyelidiki kasus tersebut. Dari hasil  penyelidikan, terdakwa diketahui telah menerima uang tersebut untuk kepentingan pribadi.

Karena itu, dalam sidang disiplin kode etik  profesi yang dipimpin Wakapolres Kediri, Kompol Albert TB Sianipar di  Mapolres Kediri, Kamis (11/1) siang, terdakwa dinyatakan bersalah  dan melanggar SI PPRI No 2 tahun 2003 Tentang Peraturan Disiplin  Anggota Polri.

Dikonfirmasi hal itu, Kapolres Kediri, AKBP Aries Wahyu Soetikno
membenarkan hal itu. Namun ia meminta untuk mencari keterangan sendiri kepada petugas P3D.

“Memang benar tadi siang ada sidang etik. Untuk jelasnya hubungi P3D,
saya masih rapat,” ujarnya kepada RADAR Surabaya melalui
telepon, Kamis (11/1)Sementara itu dalam sidang tersebut, petugas tidak menghadirkan pelapor untuk menjaga kerahasiaan sumber. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s