Ulang Tahun Hari Embok

Peringati Hari Ibu Aktifis Perempuan Turun Jalan
*Kecam APBD Soal Anggaran Untuk Perempuan

KEDIRI-RADAR – Sedikitnya 30 aktifis perempuan yang tergabung dalam Aliansi Peduli Perempuan (APP), Jumat pagi ( 22/12) turun jalan k menuntut Pemerintah Kota Kediri (Pemkot) Kediri, lebih memperhatikan kaum perempuan. Sebab total anggaran untuk pemberdayaan perempuan dalam APBD 2007 hanya Rp90 juta
“Selama ini peran perempuan terkesan dikesampingkan. Pemerintah tidak punya perhatian sama sekali. kurang perhatian Pemkot Kediri terhadap perempuan dapat dilihat dengan minimnya anggaran yang dialokasikan dalam APBD yang nilainya tak lebih dari Rp90 juta dalam satu tahun,” kata Alfi Zairoh, u koordinator aksi dalam orasinya di Alun-alun Kota Kediri pada RADAR Surabaya.
Jumlah tersebut lebih menurut Afi lebih sedikit dibandingkan dengan anggaran Persik Kediri yang mencapai rp15 miliar,” Anggaran Persik saja Rp15 miliar . Disinilah kurang perhatiannya pemerintah terhadap kaum perempuan,” tambah Afi yang juga mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri itu.
Padahal, lanjut dia, peran perempuan sangat signifikan, terutama keikutsertaannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain menyikapi masalah minimnya anggaran Persik yang tidak sebanding dengan pemberdayaan perempaun.
Dalam aksi itu, Alfi Zairoh, juga menyoroti permasalahan yang dihadapi kaum perempuan, mulai dari kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sampai maraknya lalu lintas perdagangan perempuan (trafficking).
“Eksploitasi terhadap perempuan seperti cendawan di musim hujan, padahal Undang-undang KDRT sudah lama diterapkan. Hal ini sebagai indikator lemahnya penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.
Oleh karena itu aktifis APP yang merupakan gabungan dari Unit Kegiatan Mahasiswa STAIN Kediri bersama PC Ikatan Pelajar Putri Nadlatul Ulama (IPPNU) Kota Kediri mendesak Pemkot Kediri untuk merealisasikan program Pengarusutamaan Gender sebagaimana yang direkomendasikan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan.
Selain melakukan aksi, para aktifis dalam aksi tersebut juga membagi-bagikan sekuntum bunga dan selebaran berisi refleksi kaum perempuan kepada para pengguna jalan yang melintas di depan alun alun Kota Kediri Jl Panglima Sudirman, (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s