Korban AIDS Terus Bertambah

Tahun 2006, 12 TKI Asal Kabupaten Kediri Poisitif HIV/AIDS
* Empat Meninggal Dunia

KEDIRI- Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau yang lebih dikenal dengan pahlawan devisa asal Kabupaten Kediri mendominasi penyebaran penyakit HIV/AIDS hingga 50 persen. Dalam tahun 2006 saja ditemukan kurang lebih 12 orang positif terkena HIV/AIDS, dimana empat diantaranya meninggal dunia.
Penjelasan tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr Adi Laksono, Kamis (30/11). Menurut Adi hal ini perlu segara untuk diantisipasi, sebab kurangnya penanganan terhadap penderita penyakit ini memicu tingginya jumlah ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) di Kabupaten Kediri.
Apalagi perilaku masyarakat yang cenderung mengucilkan mereka membuat para penderita malu memeriksakan ke dokter,” Fenomena ini seperti gunung es, yang hanya tampak kecil di permukaannya saja. Padahal perbandingannya bisa 1:100 dari yang tidak diketahui,” kata Adi Laksono pada wartawan.
Ditambahkan Adi dari penelitian yang dilakukan institusinya, para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menyumbang peran yang cukup besar, yakni sebanyak 50 persen. Data Dinas Kesehatan menyebutkan, jumlah penderita HIV/AIDS pada tahun 1996 – 2005 sebanyak 13 orang, dengan 2 orang meninggal dunia.
Sedangkan pada tahun 2006 ini, jumlahnya mencapai 12 orang, dengan 4 orang meninggal dunia. Hal ini diketahui dari banyaknya TKI asal Kabupaten Kediri yang dipulangkan oleh negara tempat bekerja karena terbukti menderita HIV/AIDS.
Celakanya, sesampainya di rumah, kabar tersebut segera tersebar ke masyarakat sehingga membuat kehadirannya tertolak dan menjadi terkucil. Selain TKI, kelompok masyarakat yang memiliki potensi terserang HIV/AIDS adalah para Pekerja Seks Komersial (PSK).
“ Dan hampir dapa dipastikan yang meninggal akibat AIDS baru diketahui beberapa hari menjelang kematian. Ini menunjukkan masyarakat masih malu untuk memeriksakan diri jika memang terkana penyakit yang mematikan itu,” kata Adi. (***)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s