Awas Intim Dengan Sesama =AIDS

Waria Turun Jalan Peringati Hari AIDS

KEDIRI-RADAR- Memperingati hari AIDS sedunia yang ke-18 sedikitnya 15 orang waria turun ke jalan di perempatan Bank Indonesia Kota Kediri, Kamis pagi (30/11).Mereka melakukan aksi damai dengan membagi-bagikan selebaran dan setangkai bunga mawar kepada para pengguna jalan.
Aksi tersebut menyita perhatian publik karena para waria itu mengenakan pakaian minimalis dengan dandanan yang cukup menyolok dan berjalan lenggak-lenggok mengitari para pengguna jalan layaknya peragaan busana di tengah jalan.
Menurut koordinator aksi, Siswoyo, para waria merupakan kalangan yang
beresiko tinggi terinveksi virus HIV yang dapat merusak system kekebalan tubuh.
“Dari 25 kasus HIV/AIDS di Kabupaten dan Kota Kediri, sekitar 15 persen adalah kaum waria,” kata Siswoyo yang juga salah satu pengurus Forum Peduli HIV/AIDS Kediri.
Oleh sebab itu pihaknya melibatkan para waria yang tergabung dalam Persatuan Waria se-eks Karesidenan Kediri (Perwaka) dalam aksi damai tersebut.
Selain waria, kasus HIV/AIDS di Kediri lebih banyak didominasi oleh para pecandu narkoba yang menggunakan jarum suntik, disamping para pekerja seks komersial dan TKI/TKW yang baru pulang dari luar negeri.
“Sebenarnya penyakit mematikan ini sekarang tidak memandang golongan masyarakat tertentu karena di Indonesia HIV/AIDS sudah menjadi epidemi,” ujarnya menjelaskan.
Untuk itu dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya HIV/AIDS yang dapat mengancam siapa saja
dan dimana saja.
Sementara itu peringatan HIV/AIDS di Kediri akan dilanjutkan malam nanti dengan menggelar aksi teatrikal dan renungan yang rencananya akan diikuti ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat di parker timur Stadion Brawijaya.
Hari AIDS se-dunia yang sudah 18 tahun diperingati setiap tanggal 1 Desember itu bermula dari kesepakatan sejumlah negara yang terkena kasus HIV/AIDS secara massal pada tahun 1988. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s