Salat Istisqo’

5000 Santri Lirboyo Salat Minta Hujan

KEDIRI-RADAR Akibat kemarau panjang di beberapa wilayah Indonesia dan khususnya Kota Kediri dan sekitarnya yang akhir-akhir ini panasnya mencapai 36 derajad celcius. Sekitar 5000 santri Ponpes Lirboyo Kediri usai Salat Jumat (17/11) melakukan Salat Istisqo’ (Salat minta hujan,red) di lapangan terbuka komplek Aula Al Muktamar.
Salat diimami langsung oleh salah satu Pengasuh Ponpes Lirboyo yakni KH Anwar Mansyur . Sebelum melakukan salat Istisqo’ para santri diwajibkan puasa selama empat hari berturut-turut.
Selain puasa saat salat para santri juga diperintahkan untuk memakai pakaian yang biasa dan tidak yang mahal atau mewah. Sebelumnya juga ada ritual khusus yakni para pengasuh Pondok menyerukan kepada masyarakat agar menjauhkan diri dari maksiat dan segala kejahatan yg dilakukan, serta memperbanyak ibadah.
Setelah tata cara Salat Istisqo’ dilaksanakan barulah dilakukan Salat Sunnah dua rakaat dilaksanakan. Dari pantauan RADAR Surabaya, KH Anwar Mansyur Khatib sekaligus Imam Salat, memulai khutbahnya d dengan membaca istighfar (Astaghfirullah) sebanyak 9x di khutbah pertama, dan 7x di khutbah kedua.
Isi khutbah yang disampaikan dengan menggunakan bahasa arab tersebut berisi puji-pujian, syahadat, dan shalawat yang diikuti dengan nasehat dan ajakan untuk bertaubat serta memperbanyak ibadah.
“ Ini baru cobaan yang ringan diberikan Allah kepada kita dan ini belum berat. Kenapa ini terjadi kerena banyaknya kemaksiatan yang dilakukan manusia di muka bumi ini,” kata KH Anwar Mansyur. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s