Nyamuk Aedes Aegypti Mengamuk di Kediri

Demam Berdarah Serang Kabupaten Kediri
*Januari –Oktober 993 Kasus, 16 Meninggal

KEDIRI-RADAR- Dalam waktu sepuluh bulan hingga Oktober kemarin di Kabupaten Kediri jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DB) akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti mencapai 993 kasus, dimana 16 diantaranya meninggal dunia.
Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Adi Laksono menjelaskan dibandingkan tahun 2005 jumlah penderita DB mengalami peningkatan hingga 25 persen. Dimana pada tahun 2005 Januari – Desember mencapai 1647 kasus dengan jumlah korban meninggal 12 orang.
Ditambahkan Adi dari 344 desa yang ada di Kabupaten Kediri 50 desa merupakan daerah endemic, 240 desa sporadis dan 54 desa bebas DB,” Dari 24 kecamatan yang sudah terjangkit mencapai 17 kecamatan dari 24 kecamatan yang ada,” tambah kata Adi.
Menurut Adi ada beberapa kecamatan yang dulunya dalam kategori aman untuk DB kini juga diserang antara lain Tarokan dan Wates,” Penyebaran boleh dikatakan sekarang merata,” tukasnya.
Untuk mengatasi masalah tersebut menurut Adi pihaknya telah memerintahkan kepada puskesmas-puskesmas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat sebagai bentuk upaya pencegahan sekaligus melakukan gerakan 3 M secara serentak,” Selain itu juga ada gerakan fogging dan abatisasi,” jelasnya. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s