Menggugat

Tiga Anggota DPRD Gugat DPD Golkar dan Gubernur Jatim

KEDIRI-RADAR- Akibat akan digeser posisinya dari keanggotaaan DPRD Kabupaten Kediri, tiga anggota Partai Golkar yang juga anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kediri melayangkan gugatannya kepada Ketua DPD Partai Golkar Jatim dan Gubernur Jawa Timur.
Tiga anggota Partai Golkar yang melayangkan gugatan tersebut antara lain Soekarno, Suprapto dan Imam Mursyid. Informasi yang diperoleh RADAR Surabaya dilayangkanya gugatan tersebut karena mereka tidak terima jika posisinya sebagai anggota dewan digeser dan diganti oleh anggota dewan yang lain.
Berdasarkan catatan RADAR Surabaya pada pemilu 2004 lalu ketiga anggota DPRD ini perolehan suara bilangan pembagi pokok (BPP) yang diperoleh tidak memenuhi batas yang ditentukan . Namun karena mereka dalam urutan nomor awal hingga akhirnya mendapat kesempatan menjadi anggota DPRD. Sebab saat itu menggunakan sistem proporsional terbuka bukan distrik murni.
“ Pada waktu itu karena tidak memenuhi BPP ketiganya melakukan perjanjian dimana setengah perjalanan akan diteruskan oleh PAW. Namun pada kenyataanya saat tibwa waktunya ketiganya menolak dengan alas an tidak ada dasar hukumnya.Padahal waktu itu yang menjabat sebagai sekretaris dan yang merancang draf PAW adalah Suprapto tiga dinatara orang yang menggugat ini. Dimana pada waktu itu Suprapto adalah Sekretaris DPD Golkar Kediri, ini kan aneh,” kata Suyitno Ketua DPD Golkar Kediri, Rabu (8/11).
Dengan alasan terus didesak oleh DPD Golkar Kediri, DPD Golkar Jatim dan sudah turunnya SK Gubernur terkait PAW. Akhirnya pada Rabu Rabu (08/11) lewat kuasa hukumnya Karyono SH ketiganya mendaftarkan gugatannya ke PN Kabupaten Kediri dengan nomor pendaftaran 48/ PDTG/2006/ PN Kab. Kediri. Selain itu dalam kenyataanya mereka mengaku selama ini juga tidak melanggar yang mencoreng nama baik partai atau melanggar aturan sebagai anggota DPRD.
Meski mereka melayangkan gugatanya kepada Ketua DPD Golkar Jatim dan Gubernur Jatim DPD Golkar Kediri mengaku tidak menggubrisnya,” Sebab ketiganya telah kami pecat karena melanggar aturan partai,” kata Suyitno.
Sementara itu dihubungi terpisah Ketua PN Kabupaten Kediri Soeharto SH membenarkan adanya gugatan yang dilayangkan tiga orang atas nama Soekarno, Suprapto dan Imam Mursyid.
“Namun kami belum bisa menentukan kapan jadwal siding akan kami laksanakanm karena kami masih berkoordinasi dengan PN Surabaya dan PN Kota Kediri karena salah satu penggugat ada yang berasal dari Kota Kediri,” katanya.
Namun demikian PN Kabupaten Kediri telah mempersiapkan majelis hakim yang akan memimpin siding gugatan tersebut. Anggota majelis hakim tersebut antara lain, Eri Mustianto, SH, Polapo Hutagalung SH dan Moh Irfan SH. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s