Pemkot Kewalahan Atasi Ulah Penambang Pasir Liar

Penambang Pasir di DAS Brantas Kediri Semakin Gila

KEDIRI-RADAR-Musim kemarau di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas Kediri ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para penambang pasir liar, karena mereka tidak terlalu sulit mencari pasir menyusul pendangkalan sungai. Akibat tak terkendalinya penambangan ini beberapa jembatan yang dilalui aliran Sungai Brantas di wilayah Kota Kediri terancam mengalami kerusakan.
Meski telah ditertibkan berulang kali ternyata efek jera tetap tidak ada. Dikonfirmasi RADAR Surabaya, Minggu (15/10) Sekretaris Pemerintah Kota Kediri (Sekkota) Kediri HM Zaini menyatakan, akan kembali menertibkan aktifitas para penambang pasir yang kian hari pertumbuhannya bagaikan cendawan di musim hujan.
“Kalau tidak segera ditertibkan, keberadaan mereka dapat mengancam kelestarian lingkungan di Sungai Brantas,” katanya pada RADAR Surabaya.
Zaini sendiri mengaku resah dengan keberadaan penambang pasir di Sungai Brantas, terutama yang menggunakan peralatan mesin mekanik. “Sudah berkali-kali diperingatkan, tapi mereka tetap saja beroperasi. Sepertinya mereka tidak menghargai keberadaan kami,” tambah Zaini.
Sebelumnya Pemkot Kediri setempat dan Perum Jasa Tirta telah menentukan peta lokasi diijinkannya penambangan pasir di sepanjang Sungai Brantas.
Tapi ketentuan tersebut tidak dihiraukan, bahkan sekarang ini aktifitas penambangan pasir sudah mengepung beberapa jembatan yang ada di Kota Kediri. Aktifitas penambangan pasir dengan menggunakan mesin mekanik terlihat semakin liar di sebelah selatan dan utara Jembatan Semampir yang merupakan jembatan terbesar di Kota Kediri.
Demikian halnya penambangan pasir di belakang gedung DPRD Kota Kediri semakin tak terkendali, meski beberapa waktu sebelumnya Walikota HA Maschut telah mengeluarkan larangan, namun tetap tiak digubris. Lantaran keberadaan para penambang pasir liar ini dibekingi oleh parpol tertentu. (aro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s